Atlet Panahan KSB Ikuti Kualifikasi Pra Pon Nasional

Sumbawa Barat. Diskominfo - Sebanyak 11 orang atlet Panahan perorangan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Pap ua 2020 atau PraPON yang dilaksanakan di Jakarta pada 22 September 2019 esok. 11 Atlet Panahan tersebut berangkat ke Jakarta bersama atlit Panahan dari Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan dan Sumbawa dengan total 24 atlet. 

 

Demikian disampaikan Ketua Harian Persatuan Panahan Indonesia KSB, Zainul Amri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/9/2019). Para atlet panahan yang mewakili NTB ke Jakarta adalah atlet yang meraih finalis pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada Tahun 2018 lalu. 

 

“Pada Porprov tahun lalu, Panahan KSB mendapat lima emas, satu perak dan delapan perunggu, dari total tujuh mendali emas yang diraih KSB di ajang Porprov 2018 tersebut.” Ungkap Amri.

 

Sementara atlet yang berangkat kejakarta, sambung Amri, adalah atlit panahan di nomor perorangan yang meraih prestasi di Porprov 2018. Adapun 11 atlet yang berangkat mewakili NTB adalah Ita Masita peraih medali emas di nomor kompon putri, Sahibul Fikri peraih emas di Nasional Putra, dan Ilyas Yamin di nomor Kompon Putra juga meraih emas. Sembilan atlet lainnya meraih perak dan perunggu.

 

Di Jakarta para atlet panahan NTB akan mengikuti kualifikasi pada hari pertama Minggu (22/9/2019) di lapangan panahan Gelora Bung Karno. Mereka akan bersaing dengan atlet-atlet panahan yang mempunyai jam terbang tinggi seperti atlit panahan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta. Hari pertama KSB akan mengikuti babak kualifikasi divisi recurve dan compound.

 

Atlet yang ke PON Papua nanti hanya diambil 46 orang per divisi atau total 138 atlet dari total sekitar 700 atlet panahan dari semua divisi. KSB mentargetkan lolos dari babak kualifikasi dan lolos ke babak eliminasi. 

 

“Kami sebenarnya tidak mempunyai target besar, karena olahraga panahan di KSB baru berjalan 3 tahun. Berbeda dengan pulau jawa yang menjadi kiblat panahan di Indonesia. Minimal lolos dari kualifikasi walaupun gugur di babak eliminasi itu sangat menggembirakan,” kata Amri.

 

Lebih jauh Amri menjelaskan, bahwa KSB akan mengadakan kejuaraan Nasional Panahan piala Bupati KSB yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal  5 – 10 November 2019 mendatang. “Pemda harus bersiap-siap dalam kejuaran ini dengan estimasi peserta mencapai 750 atlet dari seluruh daerah di Indonesia.

 

“Kita akan kedatangan tamu yang cukup banyak sekitar 750 atlit panahan. Kita harus bersiap karena kejuaraan ini juga sebagai moment untuk mempromosikan potensi pariwisata KSB kepada atlet-atlet seluruh Indonesia. Sehingga diharapkan, mereka bukan hanya datang untuk bertanding, tetapi juga berkesempatan menjelajahi Alam eksotis Sumbawa Barat," Tutup Amri. (Feryal/tifa). 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru