National Marathon 10k. Kebangkitan Atlet Muda KSB

Sumbawa Barat. Diskominfo - Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M melepas peserta lomba lari marathon 10K di Kompleks Kemutar Telu Center-KSB, Minggu (18/11). Event lomba tingkat Nasional ini diikuti oleh 713 peserta yang terbagi menjadi empat kategori yakni Nasional Putri, Nasional Putra dan Lokal Putri, Lokal Putra.

Kagiatan lari Marathon ini dihadiri oleh Sekda Kab. Sumbawa Barat H. Abdul Azis, SH, MH, Asisten Penerintahan dan Kesra Drs Mukhlis, M.SI, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa, SIK serta Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi Eddy Oswaranto, ST.

Menurut Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Mars Anugerahinsyah, kegiatan ini diinisiasi oleh Pemkab Sumbawa Barat dan pengurus Atletik Sumbawa Barat, tujuannya memberikan kesempatan bagi generasi muda khusunya pada bidang atletik lari agar para atlet dapat berprestasi, ini juga dalam rangka membangun kembali semangat para generasi muda untuk bangkit di segala bidang. “Kita ingin memberikan wadah-wadah resmi untuk mengasah bakat generasi muda khususnya anak muda di KSB, di dalam rangka kita ingin secara keseluruhan KSB ini bangkit pasca bencana Gempa Bumi.” Tutur Bang Mars.

Dari 713 peserta yang ikut diantaranya terdapat70 atlet Nasional yang berasal dari Jakarta, Jayapura, Sulawesi dan Kalimantan, kata Bang Mars, event ini diadakan bersamaan dengan Borobudur 10K, seandainya tidak digelar bersamaan maka peserta yang mengikuti lomba di KSB akan lebih banyak.

Sekalipun diguyur hujan deras tak menjadi halangan untuk peserta mengikuti kegiatan ini. Justru hujan dijadikan sebuah tantangan seberapa bertahannya mereka berlari ditengah kedinginan.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Samsul Hadi, S.Pd (buraq) menjelaskan bahwa kegiatan Lari Marathon ini setiap tahun tetap dilaksanakan karena sudah menjadi rangkaian dari Festival Taliwang dalam rangka menyambut HUT ke 15 KSB. Total hadiah untuk Marathon ini pun tidak tanggung-tanggung, ia menyebutkan sebanyak Rp92 juta total uang tunai yang diraih oleh peserta sebagai juara.

Yang menjadi sorotan pada lomba tersebut adalah Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi Eddy Oswaronto, ST., juga turut serta pada 713 peserta tersebut dengan nomor dada 762.

Untuk nomor Nasional putra, Tri Sutrisna dari Kota Mataram keluar sebagai Juara 1 dengan meraih medali serta uang pembinaan senilai Rp15 juta, juara Nasional putri diraih oleh Dian Ekayanti asal Sumbawa dengan meraih medali dan uang pembinaan senilai Rp12 juta 500ribu. Sementara untuk kategori Lokal Putra dan Putri diraih oleh Riyan dari Kelanir Kec. Seteluk dan Sinta dari Kampung Bugis Kec. Taliwang masing-masing peserta mendapatkan uang pembinaan senilai Rp4 juta. (feryal/tifa/rangga/fitri)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru