Bimtek Pengelola Perpustakaan Desa Dan Sekolah

Bimbingan dan pelatihan teknis pengelola perpustakaan desa dan sekolah se-Lombok Barat dilangsungkan Rabu-Kamis (18-19/11) di Lesehan Dini Gerimak, Narmada. Sebanyak 145 orang peserta berasal dari Kepala Perpustakaan dan pengelola perpustakaan desa/sekolah/madrasah tingkat SD/SMP/SMA/SMK se Lombok Barat dihadirkan sebagai peserta.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Lobar Drs. H. Yamil, MA pada pembukaan Bimtek tersebut menyatakan, agar para peserta di tampat masing-masing nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidkan dan pelatihan teknis dan fungsional petugas pengelola perpustakaan dan pustakawan di desa/sekolah. Selain itu para peserta di tempat tugas masing-masing nantinya dapat meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan bagi tenaga teknis pengelola perpustakaan dan pustakawan.

Kecuali itu yang perlu diperhatikan pengelola perpustakaan di sekolah dan desa yakni bias memperkuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung layanan perpustakaan. Peningkatan kualitas dan keragaman koleksi perpustakaan di keluarahan/desa/sekolah dan kecamatan Kabupaten Lombok Barat. “Dengan adanya kegiatan Bimbingan dan Pelatihan Teknis Pengelola  Perpustakaan  Desa/Sekolah diharapkan dapat meningkatkan budaya gemar membaca, melalui penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai wahana pembelajar sepanjang hayat dan sarana pendukung proses belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi. Penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan dengan Bimtek ini budaya gemar membaca dapat terus dipacu. Pengembangan kompetensi dan profesionalitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan kelurahan/desa/sekolah dan kecamatan di Kabupaten Lombok Barat.  “Dengan pengelolaan perpustakaan yang profesional dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” tambahnya lagi.

Panitia penyelenggara B. Rini Arsiyanti, S.Kom, MM melaporkan, Bimtek ini diselenggarakan sebagai bagian dari kegiata dalam rangka optimalisasi peningkatan kompetensi SDM pengelola perpustakaan. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi SDM pengelola perpustakaan dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Selain itu untuk menghasilkan tenaga terampil, terlatih dan siap pakai dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pengelola perpustakaan kelurahan/desa/sekolah dan kecamatan si Lobar.

Nara sumber, tambah Rini berasal dari Badan Perpustakaan dan Arsip Prov. NTB, Perpustakaan IPDN NTB dan Pustakawan KPAD Lombok Barat. (wardi) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru