logoblog

Cari

Montain Bike Sensasi Biker Di Wisata Sesaot

Montain Bike Sensasi Biker Di Wisata Sesaot

Giri Menang, KM. Ratusan Komunitas sepeda di pulau lombok ikut memeriahkan balapan Montain Bike. Gelaran ini dirangkai dalam rangka memeriahkan Hari

Olah Raga

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
17 Maret, 2019 21:25:46
Olah Raga
Komentar: 0
Dibaca: 1615 Kali

Giri Menang, KM. Ratusan Komunitas sepeda di pulau lombok ikut memeriahkan balapan Montain Bike. Gelaran ini dirangkai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lombok Barat ke-61. Tidak sekedar itu, tapi sekaligus memperkenalkan trek baru di wisata Sesaot kecamatan narmada-Lombok Barat (Lobar).

Kepala Desa Sesaot, Yuni Hariseni menyatakan, kegiatan yang bertajuk Ride Your Bike Conquer The Track Enjoy The Nature, merupakan salah satu bentuk atraksi yang akan laksanakan di Desa Sesaot.

“Secara nasional, event besar Montain Bike Nasional, insya allah bulan april kita akan laksanakan," katanya sebelum melepas start di Sesaot, Minggu (17/3).

Yuni menambahkan, kegiatan Montain Bike juga digelar dalam rangka menyambung silaturahmi warga Desa Sesaot dengan warga desa di luar Sesaot. Kata kades satu satunya kades perempuan di Lobar ini, event Montain Bike nanti di kemas menjadi salah satu paket wisata Desa Sesaot. Ketika jalur trek ini sudah bisa dilalui, maka imbasnya cukup positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

Kades menjelaskan, ada tiga desa yakni Sesaot, Pakuan dan Buwun Sejati yang dikenal dengan Sekawan Sejati, sudah ditetapkan sebagai pilot project wisata berkelanjutan (STO) di Lobar.

Pihak pemerintah desa sudah memasang target, tahun 2020 supaya masing-masing dusun yang ada di Desa Sesaot akan dikembangkan sebagai tempat wisata. Yuni beralasan, karena masing-masing dusun punya potensi yang harus dikembangkan. Tujuannya untuk mengurangi pengangguran, karena dampak dari wisata ini sangat luas. Kelompok-kelompok home industri, warga dan ibu-ibu bisa dimanfaatkan untyuk berjualan.

Yuni menyinggung wisata Vetong Hill. Sebenarnya ini ikon destinasi baru, tetapi sudah mulai dilirik sejak setahun yang lalu. Vetong Hill belum begitu dipromosikan, karena fasilitas penunjang menuju lokasi belum maksimal, penataannyapun belum mulai digarap.

 

Baca Juga :


Di tempatyang sama, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sesaot, Azudinnur menjelaskan, kegiatan Montain Bike Lombok Barat, dikemas menjadi paket wisata Desa Sesaot. Kegiatan ini juga agar goweser sebutan para pemakai sepeda bisa merasakan sensasi balapan.

"Jalurnya sangat menantang dengan trek dan medan yang terjal, pasti disukai para biker" ujar ketua panitia Montain Bike ini.

Menurut Azudinnur, ratusan orang peserta yang mengikut lomba pada ini. Mereka tergabung berasal dari berbagai komunitas sepeda. Ada dari Mataram, Lombok Tengah, Lingsar, Kekeri dan dari Gerung-Lombok Barat.

Jarak trek yang ditempuh sekitar 6-7 KM. melewati view perbukitan, persawahan dan perkebunan. Yang paling utama adalah, menunjukkan inside Sesaotnya, isi di dalam Sesaot itu apa. Diharapkan Sesaot bukan hanya indah diluar, tetapi di dalam juga patut dipertimbangkan untuk bisa kembangkan.

Hadiah yang disiapkan bagi para pemenang, berupa voucher belanja senilai 500 ribu dan bingkisan menarik. Banyak peserta yang menyatakan kesaksian. Testimoni mereka lontarkan. Semisal Sudarsana, salah satu peserta sepeda dari Lingsar menuturkan, trek lintasannya lumayan menantang. Namun dia berharap, perlu ditambah lagi penunjuk arah. Penujuk arah ini penting untuk menghindari peserta agar tidak tersesat. []



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan