logoblog

Cari

Main Klereng di Bawak Nao

Main Klereng di Bawak Nao

_KM.Sajang Bawak Nao_                   Permainan adalah salah satu hal kegiatan yang selalu ada dan tidak bisa kita hindari untuk setiap anak-anak usia

Olah Raga

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
31 Juli, 2015 21:06:46
Olah Raga
Komentar: 0
Dibaca: 40189 Kali

_KM.Sajang Bawak Nao_ Permainan adalah salah satu hal kegiatan yang selalu ada dan tidak bisa kita hindari untuk setiap anak-anak usia dini.

                Anak-anak yang ada di Kampung Bawak Nao membuat sebuah permainan baru pada pernainan kelereng, mereka membuat permainan yang disebut Benonjeran.

                Benonjeran kelereng merupakan permainan yang sangat mengasikkan, dimana para pemain harus memasang kelereng pada sebuah kotak yang dibuat. Kelereng diletakkan pada setiap sudut kotak.

                Kelereng yang di pasang oleh setiap pemain mulai dari 1 sampai 4 tergandung dari kesepakatan semua pemain Benonjeran.

                Ketika semua kelereng sudah dipasang pada setiap sudut kotak yang dibuat ditanah, mereka harus melempar kelereng ke kelereng yang sudah dipasang dengan cara bergiliran, siapasaja yang mampu mengeluarkan kelereng dari kotak tersebut berapapun jumlahnya maka dia berhak memiliki kelereng yang keluar tersebut.

                Setelah semua pemain melempar kelereng, kemudin dalam kotak masih ada kelereng mamka setiap pemain berhak menembak kelereng yang masih tersisa dengan cara di senti dengan duatangan.

                Pemai yang berhak menembak kelereng lebih awal adalah orang yang kelerengnya lebih jauh dari kotak kelereng yang ada, dan jika sentilan mereka berhasil mengenai kelereng yang ada dalam kotak dan keluar dari kotak maka mereka berhak menembak kelereng kembali sami tiba waktu mereka tidak mengenainya, kemudian jika pemain tidak mampu mengenai kelereng dalam satu tembakan maka kesempatan mereka sudah habis untuk menembak lagi dan harus menunggu pemain habis melakukan tembakn.

                Jiak semua pemain sudah selesai melakukan tembakan mereka kemudian jika tidak habis dikotak, maka mereka kembali melempar seperti yang mereka lakukan pertama sampai kelereng yang ada dalam kotak tersebut habis, nah jika sudah habis maka mereka kembali memasang kelereng sesuai jumlah yang di sepakati setiap pemain.

                Peraturan benonjeran masih adalagi, jika sala seorang pemain terjebak kelereng yang digunakan untuk melempar yang disebut katuk maka mereka di sebut NONJER dan tidak brhak melanjutkan permainan sampai usai habis pasangan dalam kotak tersebut...

 

Baca Juga :


                Wah-wah-wah asik banget kan permainannya, bagi anda yang belum melakukan permainan ini maka anda bisa mencobanya dengan mengajarkannya pada anak-anak di tempat anda tinggal supaya ligkungan rumah anda bisa semakin seru da ramai. Selamat mencoba semoga tidak bermanfaat,

BY. Azmi Bolang Rinjani () -01

 

 

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan