logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kejuaraan Pencak Silat Antar-Pelajar

Kejuaraan Pencak Silat Antar-Pelajar

KM Nggusuwaru - Kamis (7/5) bertempat di Gedung KONI Manggemaci Kota Bima, Wakil Walikota Bima HA Rahman H Abidin secara resmi

Olah Raga

KM Nggusu Waru
Oleh KM Nggusu Waru
07 Mei, 2015 22:36:26
Olah Raga
Komentar: 2
Dibaca: 44170 Kali

KM Nggusuwaru - Kamis (7/5) bertempat di Gedung KONI Manggemaci Kota Bima, Wakil Walikota Bima HA Rahman H Abidin secara resmi membuka Kejuaraan cabang (Kejurcab) pencak silat antar perguruan silat tingkat pelajar se-Kota Bima Tahun 2015. Acara yang digagas oleh IPSI Kota Bima ini berlangsung selama 6 hari sejak tanggal 7 Mei hingga 12 Mei 2015. Pembukaan acara ini dihadiri pula oleh Inspektur Kota Bima, Dinas Dikpora Kota Bima, Kepala BLH, dan beberapa kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Perserta dalam kejuaraan ini adalah peserta didik Usia Dini (SD/MI). Pra remaja (SMP/MTs) dan Remaja (SMA/SMK/MA) negeri/swasta sederajat se-Kota Bima yang merupakan didikan dan binaan dari perguruaan pencak silat yang tergabung dalam IPSI. Sebanyak 12 perguruan silat berpartisipasi dalam kejuaran ini.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan Gong Oleh Wakil Walikota Bima H.A Rahman H Abidin SE. Setelahnya dilaksanakan penyerahan Golok Oleh Ketua IPSI Kota Bima H. Jubair SKM, M.Kes kepada Wakil Walikota Bima yang kemudian diserahkan kepada Ketua Pertandingan.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana  Muslimin S.Pt, M.Si bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bagian dari memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-13 tahun 2015 dan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas atlet pencak silat dari usia dini hingga remaja. Esensi penting lainnya adalah mengajarkan kepada generasi muda tentang kepedulian terhadap budaya bangsa.

Ketua IPSI Kota Bima H. Jubair, SKM, M.Kes dalam sambutannya juga menyampaikan pencak silat selain olah raga seni beladiri, pencak silat merupakan salah satu warisan budaya yang perlu kita lestarikan bersama. Pencak silat juga merupakan bagian yang penting dalam pembangunan watak bangsa Indonesia yang kuat dan mampu bersaing dengan negara lain.Karena dari olah raga ini banyak prestasi yang telah terukir hingga kancah internasional.

“Semangat berolahraga dan pelestarian budaya bangsa serta pembentukan softskill berupa pembangunan karakter dan watak diri yang kuat merupakan hal terpenting diselenggarakannya kegiatan pada pagi hari ini,” jelas Jubair.

 

Baca Juga :


Senada yang disampaikan oleh Ketua IPSI, Wakil Walikota Bima H A Rahman H Abidin SE menjelaskan bahwa begitu banyak nilai positif yang diperoleh dari pencak diantaranya membentuk pribadi manusia yang berbudi luhur, tahu  benar dan salah. Dengan demikian para pesilat akan tumbuh dan berkembang menjadi sosok pribadi yang tangguh, tanggap, serta berakhlaq mulia.

“Saya gembira bahwa kejuaraan pencak silat terus berlanjut dari tahun ke tahun. ini menunjukkan tingkat pembinaan pencak silat sangat luar biasa,” puji Aji Man, sapaan akrabnya.

Diharapkannya kegiatan ini didukung pula dengan pembinaan yang optimal sehingga mampu melahirkan pesilat-pesilat handal  yang sanggup bersaing dan berprestasi baik di skala regional, nasional bahkan internasional. (AD) - 05



 
KM Nggusu Waru

KM Nggusu Waru

KM Nggusuwaru: Komunitas Kampung Media Kota Bima. Alamat: Jalan Poros, Kelurahan Tanjung - Kota Bima. Koordinator: Yudha Tudiansyah. email : yudhadiansyah@yahoo.com, Kontak Person: 082 339 810 123 - 081 735 7641

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    08 Mei, 2015

    silat disamping merupakan budaya juga olah raga yang multi fungsi, disamping megolah fisik juga megolah jiwa karena rata-rata dalam setiap perguruan silat penekanannya adalah soal mengolah jiwa untuk tidak sombong, suka menolong dan selalu mengamankan.


    1. KM Nggusu Waru

      KM Nggusu Waru

      08 Mei, 2015

      harus kita lestarikan olahraga yang berbudaya ini


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan