logoblog

Cari

Tutup Iklan

Manfaat Latihan Karate

Manfaat Latihan Karate

Pada umumnya manfaat karate dibagi menjadi tiga, yaitu manfaat fisik, manfaat emosional, serta manfaat sosial., Ø  Manfaat Fisik Dan Mental  Saat belajar bela

Olah Raga

ahmad
Oleh ahmad
05 Mei, 2014 16:02:44
Olah Raga
Komentar: 0
Dibaca: 29217 Kali

Pada umumnya manfaat karate dibagi menjadi tiga, yaitu manfaat fisik, manfaat emosional, serta manfaat sosial.,

Ø  Manfaat Fisik Dan Mental

 Saat belajar bela diri anak akan mendapat banyak sekali manfaat bagi fisiknya. Yang pertama adalah koordinasi otot-otot di tubuhnya. Ini paling mudah dilatih saat masih usia muda. Lalu keseimbangan, yang jelas-jelas berguna pula buat kesehatan (postur tubuh yang seimbang dan benar saat beraktivitas dapat mengurangi resiko penyakit). yang terpenting dalam bela diri adalah kecepatan, akurasi, dan  kekuatan. Berikutnya lagi adalah stamina dan ketahanan. Tetapi keunggulan bela diri secara fisik lebih baik dibanding dengan olahraga lain yang juga punya manfaat fisik. Karena, Anak-anak akan dapat membela dirinya tanpa membutuhkan bantuaan dari orang lain.

Ø  Manfaat Emosional

Murid akan mendapat pendidikan budi pekerti. Memang agak kontradiktif, saat latihan diajarkan cara memukul yang benar, namun setelah itu diajarkan untuk tidak boleh memukul (sembarangan). Dalam bela diri anak diajarkan untuk bisa membela diri saat dalam posisi lemah dan bisa menjadi pelindung saat dalam posisi kuat.

 

Baca Juga :


Rasa percaya diri mereka telah dilatih untuk mengetahui ancaman konflik dan menghadapinya dengan efektif dan efisien (dalam bela diri selalu diajarkan untuk melumpuhkan penyerang sementara, agar cukup punya waktu untuk pergi menghindari konflik berkepanjangan, bukan diajarkan untuk menghajar habis-habisan musuh). Anak juga akan dilatih disiplin, terhadap lingkungan, ketenangan dalam menghadapi masalah, kecepatan mengambil keputusan, serta fokus dan penuh perhatian dalam mengambil tindakan.

Ø  Manfaat sosial.

 Anak akan diajarkan bahwa saat mereka dalam posisi lemah maka mereka harus bisa membela diri, sedangkan saat dalam posisi kuat mereka harus bisa menjadi pelindung bagi yang lemah.Anak juga diajari berempati dan berbuat lembut, serius. Misalnya, saat berlatih membanting teman berlatih maka mereka akan dilatih untuk menjaga agar teman berlatih tidak cedera. Dalam beberapa bela diri, konsep ini bahkan dibawa sampai saat berhadapan dengan lawan sesungguhnya. Tujuannya bukan untuk mencederai lawan, namun hanya melumpuhkan serangannya dan menyadarkannya. Selain itu, anak juga diajari untuk memiliki rasa hormat, tidak hanya pada guru dan teman seperguruan, namun juga pada lawan! Yang terakhir, dalam beladiri diajarkan juga konsep pertemanan [] - 01



 
ahmad

ahmad

relawan di tagana dari sejak tahun 2007 sampai sekarang

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan